Waspada! Ini 4 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Kontraksi Palsu

Waspada! Ini 4 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Kontraksi Palsu

Saat hamil 7 bulan, pernahkah Anda merasa nyeri di pinggang? Perut juga terasa kencang dan kaku. Mau berjalan, tapi rasanya sulit sekali. Jangan takut, itu bukan tanda akan melahirkan, namun hanya kontraksi palsu. Saat sensasi di pinggang masih terasa, duduklah dengan nyaman hingga kontraksi berakhir. Lebih baik hindari makanan berikut ini.

  1. Durian dan Olahannya

Ibu hamil sebaiknya makan buah-buahan segar karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Gizi pada buah akan terserap dan membuat janin tumbuh menjadi sehat. Ada buah yang jadi pengecualian, yaitu durian. Si raja buah itu sangat dilarang untuk dikonsumsi jika Anda sedang hamil. Durian mengandung gas sehingga perut akan terasa sebah dan terjadi kontraksi.

Bagaimana jika Anda ingin makan es krim durian? Mengidam adalah hal yang wajar dialami saat hamil, namun Anda harus menahan keinginan untuk makan olahan durian. Es krim, jus, pancake durian, dan semua makanan olahan yang terbuat dari raja buah ini juga harus dihindari. Ingatlah kesehatan si janin di dalam rahim. Jangan sampai ia menderita karena Anda salah makan.

  1. Sambal dan Makanan Pedas Lainnya

Makanan penyebab kontraksi palsu selain buah durian adalah sambal dan segala macam jajanan atau lauk yang rasanya pedas. Anda suka makan pagi dengan menu mi yang dilengkapi dengan potongan cabai yang melimpah? Segera hindari kebiasaan itu. Rasa pedas di lidah akan memicu sakit di perut dan bisa menyebabkan kontraksi. Mi juga bisa menyebabkan perut kembung.

Jajanan pedas seperti makaroni, cilok, dan sebagainya juga harus dihindari. Jangan berlindung di balik alasan mengidam karena kondisi janin harus diprioritaskan. Jika Anda benar-benar ingin makan cilok pedas, buatlah sendiri dan beri cabai bubuk secukupnya saja. Makanan homemade lebih aman dikonsumsi karena tidak mengandung MSG.

  1. Air Soda dan Olahannya

Anda pasti sering merasa gerah saat hamil. Apakah Anda langsung membeli air soda dengan berbagai warna di minimarket? Hati-hati, soda itu bisa memicu kontraksi di perut. Air soda mengandung zat karbonasi sehingga perut terasa kembung setelah meminumnya. Olahan soda seperti soda es krim dan soda gembira juga wajib dihindari saat Anda hamil.

  1. Nanas

Selain durian, buah yang wajib dihindari saat Anda hamil adalah nanas. Rasanya memang segar dan bisa mengurangi rasa mual, tapi nanas mengandung zat bromelain. Zat itu bisa memicu kontraksi hebat pada leher rahim sehingga konsumsinya harus Anda hindari saat hamil muda maupun tua. Jangan minum jus nanas atau air soda rasa nanas.

Kontraksi palsu membuat kehamilan Anda berasa makin berat. Ketika mau berjalan, tubuh pun sempoyongan karena menahan nyeri di pinggang. Sakit pada perut akan terasa begitu mencengkram. Hindari makanan seperti durian, nanas, dan sambal agar tidak terjadi kontraksi pada perut. Semua ini demi kesehatan jabang bayi dalam rahim.

shares