Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat melalui 7 Makanan Ini

Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat melalui 7 Makanan Ini

Jumlah trombosit dalam darah digunakan sebagai indikasi atau diagnosis berbagai penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan masalah pada penggumpalan darah. Jika kekurangan trombosit, maka akan timbul berbagai masalah sehingga perlu diketahui cara menaikkan trombosit dengan cepat jika jumlahnya sedikit.

Trombosit dapat ditemukan di dalam darah dan limpa. trombosit tidak berwarna dan siklus hidupnya hanya selama 10 hari. Jumlah trombosit normal dalam darah adalah sekitar 150.000-450.000 trombosit per mikroliter.

Trombosit akan diperbarui di sumsum tulang secara berkala. Berbagai masalah muncul akibat jumlah trombosit darah yang rendah (trombositopenia) karena darah sukar membeku. Hal ini berbahaya saat terjadi luka karena akan menyebabkan pendarahan.

Trombosit yang rendah dapat diakibatkan oleh beberapa masalah kesehatan dan efek dari obat-obatan tertentu seperti leukemia, penyakit ginjal, defisiensi zat besi, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan asam folat, serta infeksi demam berdarah.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengkonsumsi makanan sebagai cara menaikkan trombosit dengan cepat. Makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan tingkat trombosit antara lain:

  1. Gandum Utuh

Gandum terdiri dari nutrisi, mineral, vitamin dan serat yang baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Ketika Anda mengalami kekurangan trombosit, bisa menjadikan gandum utuh sebagai menu wajib.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti selada, kubis, bayam, brokoli dan kangkung mengandung vitamin K yang tinggi untuk proses pembekuan darah. Bukan hanya itu, banyak gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh sayuran sehingga baik untuk kesehatan.

  1. Kurma

Kurma mengandung mineral, vitamin, fitonutrien, dan vitamin K yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Jadi, Anda bisa rutin mengonsumsi kurma tanpa harus menunggu lebaran karena buah ini baik untuk tubuh.

  1. Jambu Biji

Jambu biji mengandung trombino yang dapat merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan trombosit yang lebih banyak.

  1. Buah Delima

Buah delima mengandung zat besi yang sangat tinggi. Melalui kandungan inilah, buah delima mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Jadi, ketika Anda mengalami kekurangan trombosit bisa menjadikan buah delima sebagai buah favorit.

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin K yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Dengan adanya vitamin K dalam tubuh, dapat merangsang tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak trombosit.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk dapat meningkatkan jumlah folat dalam tubuh. Meningkatkan trombosit dalam darah dapat dilakukan dengan meningkatkan folat dan vitamin B9 sehingga buah jeruk menjadi salah satu makanan yang bisa Anda pilih.

Kekurangan trombosit tentu akan berbahaya bagi ibu hamil. Maka dari ibut sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan di atas sebagai cara untuk menaikkan trombosit dengan cepat. Selain itu, Anda dapat meningkatkan vitamin K dengan mengkonsumsi vitamin dan asupan nutrisi lainnya yang bisa didapatkan di orami.com.

Bukan hanya menawarkan produk-produk multivitamin untuk ibu hamil dan bayi saja, orami.com juga memberikan berbagai layanan kesehatan yang sangat berguna untuk ibu dan bayi. Yuk, segera kunjungi orami.com dan dapatkan keuntungan serta informasi cara menaikkan trombosit dengan cepat!

shares